Sabtu, 25 Juni 2011

Tv SANYO 21"slim vertical menyempit



Dateng salah seorang langgananku membawa sebuah tv merk Sanyo,menurut dia tv ini baru dia beli sekitar 6 bulan yang lalu dan sekarang sudah rusak dengan keluhan gambar tv menyempit hingga hanya sekitar 3 jari saja gambarnya, klo suara normal kata yang empunya tv.
kemudian setelah mendapat keterangan tv saya coba hidupkan sebentar kemudian saya bongkar, dan terlihat mesin masih mengkilap belum tersentuh solder, oh ya tuk data data tv tersebut yaitu:
Tv Sanyo 21" slim type CG21YS22B ,sasis FC 8 - A 21 yang menggunakan Program menggunakan ic tunggal LV761132C (ic laba-laba tempel bawah) memory 24c16 , suplay menggunakan STR W 6753 , Horizontal C6093 , Vertical LA 78141 , sound LA 42205 , dan FBT menggunakan  JF0501 - 32639.
setelah mencatat data datanya kemudian saya periksa bagian tv yang mengalami keretakan kemudian saya solder 1 per 1 bagian  yang retak soldran nya, kemudian saya lakukan pengukuran teg dan ternyata semua masih normal kecuali tegangan Vertical yang biasanya menggunakan tegangan sekitar 24v tepapi ini terukur 30v, dan saya berpikir emang segini apa kelebihan, kemudian pencarian kerusakan saya lakukan dan ternyata kerusakan berasal dari berubahnya nilai nilai elco di sekitar blog vertical diantaranya elco 2200uf 25v ,220uf 35v, 10 uf 35v, 22 uf 35v , dan tanpa basa basi langsung saya ganti elco2 disekitar ic vertical, dan utuk memastikan apakah teg B+ ic vertical pas atau tidak maka saya pasang icAN  7824 kemudian tv saya hidupkan, dan setelah hidup kemudian tv terlihat cacat gambarnya tidak seperti biasanya, kemudian saya lepas kembali ic AN 7824 tadi, kemudian tv saya hidupkan dan ternyata tv hidup dengan sempurna , maka dengan sempurnanya gambar tv tersebut maka syukur Alhamdulilah  berakhirlah pekerjaan  servican tv sanyo tersebut dan tvpun saya tutup dan saya setel sekalian mengetes tv tersebut dan tinggal nunggu bayaran .
semoga apa yang alami bisa berguna dan bermanfaat amin..............

11 komentar:

  1. mantap kang nur...?
    bayaran mak jreng...

    BalasHapus
  2. nunut golek ilmu neng kene yo kang..hehehee

    BalasHapus
  3. Wah saya baru beli tv persis seperti itu dengan seri yang sama. mudah2n saya ga alami kejadian kerusakan seperti itu. Terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus
  4. boleh mintak data tv sanyo gak soal nya data tv saya ilang dan ada suara dengungan dan gambar nya jadi kabur

    BalasHapus
  5. type TV yg sama,
    kerusakan protek (alias kedap kedip).
    dulu sempat ganti STR6753, idup sebentar dan nampak vertikal menyempit. dan sekarang hanya kedap kedip aj led indikator..

    BalasHapus
  6. Mau nanya klu mengukur tv itu dinyalakan apa enggak ya...

    BalasHapus
  7. tv saya sanyo 14 inci (lupa type). gambar cuma 1 garis horizontal. ic vertical sdh ganti. gak mau juga. tp saya curiga di vertikal out yang menuju yock tegangan kok 20v. setau saya cuma 12-13v. tolong pencerahannya mas...

    BalasHapus
  8. kenapa sya sudah ganti elco 2200uF 25V, 10uF35V juga transistor D400 pada Q206 tpi gambar vertikal masih menyempit hanya garis putih di tengah. tv saya SANYO SLIM 21 INCI TYPE CG21CF1T mohon pencerahannya

    BalasHapus
  9. An 7824 itu ic untuk apa.pasang copot idupin lagi...
    Kurang jelas penjelasanya.😀😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini mungkin saya cuman bisa menambahkan kalo di pasang ic AN7824 itu biar tegangan yg tadinya 30volt biar turun jadi 24 volt maksudnya untuk menyetabilkan tegangan yg di butuhkan ic vertikal itu 24volt

      Hapus