Sabtu, 11 Juni 2011

SHARP data eep corrupt


Tadi pagi dateng seorang temen seprofesi yang datang ke rumah membawa sebuah tv SHARP type 14R20MK II , tv ini sudah di coba dikerjakan oleh temen saya tetapi belum selesai juga, menurut penuturan nya tv ini rusak di vertical kurang lebar di bagian bawahnya, trus di pinggirnya kurang lebar sedikit dan suara tidak keluar sama sekali, menurut dia ic verticak sudah coba di ganti bahkan sampai di resisitor SMDnya ,tetapi belum juga membuahkan hasil, tegangan sudah di cek ternyata masih normal semua, wah bingung aku mas katanya, setelah mendapat keterangan kemudian tv saya buka dan saya cek mulai dari solderan serta tegangan nya ternyata memang masih dalam keadaan normal, oh ya tuk data2 tv ini yaitu  menggunakan ic tunggal TDA9381PS/N2/1/0542 , ic memory 24c04 , suplay menggunakan STR F6653 , Horizontal D1877 , ic vertical menggunakan TDA8357J , ic suara TDA7056A , dan FBT menggunakan F0193PEN1-SA
karna semua tegangan dan komponen tidak terlihat ada kejanggalan /kerusakan maka dengan tidak ragu2 lagi saya ambil solder dan sedotan dan jebrat jebret akhirnya ic 24c04 terlepas, kemudian saya ambil alat copy memory dan tidak lupa untuk memback up dahulu data yanga ada, da saya pilih salah satu file tv sharp yang ada dan saya copy ke ic 24c04 tadi kemudian ic saya pasang kembali ke tv, setelah itu saya coba tuk menghidupkan tv dan apa yang terjadi ternyata tv dapat menyala dengan normal , wah ternyata data eep tv ini corrupt seperti kasus tv polytron kemaren , karna chanel masih kurang complit maka saya auto search dan gambarpun nongol semua kemudian tv saya tutup dan Alhamdulilah tinggal nunggu bayaran ,semoga pengalaman saya bisa bermanfaat dan berguna amien....

5 komentar:

  1. gan boleh minta skema copy memory nya gak?terimakasih

    BalasHapus
  2. gan boleh..nanya harga copy memory eeprom brapa????

    BalasHapus
  3. boss......z juga punya masalah sperti d'atas sdah z ganti eeprom'y tpi hasil'y tetap sama sja.......apa data eeprom yg g' bisa d'copy lg ???..gmna boss solusi'y????

    BalasHapus
  4. mantebs artikelnya komplit......terimakasih kang telah mau berbagi....bagi yang ingin skema copy eepromnya bisa lihat di http://servicetvku.blogspot.com/2012/11/skema-copy-eeprom-tv-24cxx-mudah-dan.html ...mohon maaf kang bila telah lancang ngasih link copy eeprom. dan sekalian ini minta ijin ya kang bila kurang berkenan silahkan dihapus komenntnya....maturnuwun.

    BalasHapus
  5. Lewat service mode kalau yg enggk punya alat copy ic eprom..

    BalasHapus