Sabtu, 30 April 2011

TV TCL garis vertical

Dateng tetangga belakang rumahku,dia di suruh ama bosnya tuk nyari orang supaya bisa dateng kerumah bosnya tuk servic tv bosnya,tanpa pikir panjang saya ambil kunci motor dan langsung tancap gas menuju tkp,sesampainya di sana ternyata tv suaranya ada tetapi gambarnya cuma garis horizontal,(kerusakan di bagian Vertikal) kemudian dengan sedikit membe...ripengertian pada yang empunya tv bahwa di rumah lg banyak job maka akhirnya tv saya bawa pulang,sesampainya di rumah tv aku bongkar,bersihkan debu2 resolder ulang,dan tidak lupa aku catat apa yg di perlukan ,tv ini merk TCL type 2175S ,menggunakan ic tunggal TCL - 8823CRNG5JB3 ,ic memory 24c08wp ,Tr suplay C5586,Tr horizontal D 1555,Ic vetical STV 9302A,Ic suara TDA 7057 AQ ,dengan FBT BSC - 25 0299D,itulah data dari tv nya, kemudian kita lanjutkan pencarian penyebab gambarnya kok gak nongol,karna sudah pasti kerusakan di bagian vertical maka aku ubek2 bagian vertikal,tegangan B+ untuk vertikal masih keluar bagus 24v,elco2 masih kelihatan baru dan tidak ada yang melenceng ,sanggulpun masih bagus,serta ic vertikal masih sehat semua,tegangan osilator vertical juga bagus,akhirnya aku cek dengan avo digitalku,begitu melewati dioda D301 (4001) kok tegangan berkurang dari 24 v menjadi 22v,padahal ketika di ukur dioda kelihatan masih baik2 saja,tanpa pikir panjang langsung saja aku cabut dioda D 301 dan ku ganti dengan yg baru,dan setelah itu aku coba tv tersebut ,wah kok normal ,ternyata biangnya cuma seekor dioda tok to,kemudian tv menjalani tes drive beberapa jam gak masalah,dan bayaran,semoga pengalamnku berguna bagi temen2 jika mendapat tv tcl tipe sama barangkali kerusakan cuma dioda D301 tok  wkkkkkkkkk............semoga bermanfaat  ,salam sukses selalu

9 komentar:

  1. matur tengkyu kang infonya

    BalasHapus
  2. Bang.kebetulan sekali sy mendapat servis tv sejenis.begini kt yg punya awalnya matot karna petir.nah sy cek teg b+ drop.ketemu dioda yg jalur kèelko b+ short tipe RU3A.nah teg b+pun normal.dan semua teg out dr trafo swicth.masalahnya tv uda hidup.cuma osdnya gelap.bila screen dinaikkan osd ada.disertai garisx2 horizontal.teg.rgb.g2.heterpun normal.tapi lampu indikator kok mati?pdhal msh oke.kira2x apa ic singlenya da rusak ya?apa tipe ic tsb ada dipasaran?mhn solusinya.

    BalasHapus
  3. Lumayan membantu... makasih om

    BalasHapus
  4. Trimakasih kang artikelnya sangat membantu sekali

    BalasHapus
  5. mantap nih totorialnya, silahkan mampir di http://hiperelektro.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  6. Bang saya dapt servisan tv tcl slim 29 layar gelap kira2 10 cm bagian atas kira2 bagaimana solusinya

    BalasHapus