Rabu, 27 April 2011

TV SHARP Alexander fbt mendesis

kemaren masuk tv Sharp Alexander 21" ,meurut yang membawa tv ,tv ini sudah jarang di hidupkan sejak sebulan yang lalu karna jika di hidupkan di dalam mesin mengeluarkan suara desisan seperti ular,dan tidak lama kemudian terdengar suara pletak pletek, mendengar keterangan dari yang membawa tv sepertinya masalah terdapat pada fbt, kemudian tanpa pikir panjang tv saya buka boxnya, setelah itu saya bersihkan dari debu2 yang menempel,dan tidak lupa untuk melakukan resolder ulang bagian2 yang terlihat retak ,tv ini menggunakan ic tunggal IXC 080 WJN3, memory 24c08 ,vertical STV 9302B,horizontal TT 2140 ,ic suara LA 42032 ,dan suplay menggunakan STR W5453A, dan pencarian penyebabpun saya lakukan ,,setelah mengecek di sekitar fbt,kret kop dan kabel tidak ada masalah, tetapi setelah di teliti dan di perhatikan ternyata suara desisan itu berasal dari tegangan fbt yang menyembur keluar melalui lubang yang terdapat pada body fbt tersebut, tana pikir panjang fbt pun saya cabut tuk di ganti dengan pemain baru, di body fbt tersebut bertuliskan RTRNFA132WJ22 (FA 132) karna memang sudah lama fbt ini tidak keluar maka saya membeli persamaan fbt tersebut RTRNFA149WJ22 (FA 149) di sc terdekat, setelah dapat kemudian fbt saya pasang , kemudian tv coba saya hidupkan dan sesuaikan screen dan fokus stelah sesuai tv saya tutup tuk di coba,setelah tes beberapa jam dan alhamdulilah jadi ,semoga man faat salam sukses selalu.
catatan: FA 132 = FA 149

1 komentar:

  1. saya dapat servisan tv shar gambar hilang suara normal. hasil pengukuran 180v normal, h 4,2v ada. tapi g2 tidak ada.

    karna di body tidak ada kode flybacknya saya coba ukur dengan kaki dan saya cek sama dengan fa 132. namun setelah dihidupkan gambar sudah keluar namun gambar mengecil kira2 2 centi dati pinggir tabung.
    saya cek teg b+ 115. apakah teg kurang atau apa yg bermasalah.

    mohon petunjuknya.

    BalasHapus