Senin, 28 Maret 2011

Tv GOLDSTAR gambar hilang

kemaren dapet servisan tv GOLDSTAR jadul yg menggunakan ic croma TA 8690 AN,dengan ic vertical TA 8445 K,dengan kerusakan tv garis horizontal dan seperti terbuka sedikit bagian atas sekitar 10 cm,kemudian tv aku buka dan menyolder ulang semua komponen yang terlihat retak,kemudian elco,dioda dan resistor yg mencurigakan di sekitar vertical sudah di lakukan pergantian tp kok masih sama ya,aku berpikir lagi padahal tegangan normal 24v,dan akhirnya aku coba pilihan terakhir tuk ganti ic vertikal TA 8445 K,setelah penggantian ic vertical  gambarpun keluar, tapiiiiiiiii  setelah di perhatikan kejanggalan terjadi ,terlihat tv kurang penuh bagian bawah tetapi yang bagian atas seperti di zoom,kemudian sy lakukan pengecekan ulang sekali lagi, ternyata eh ternyata penyebabnya adalah elco yang bertuliskan C 309 hilang,kemudian saya coba buka skema tv GOLDSTAR tuk mencari nilai elco yg hilang tersebut,di skema tertulis C 309 adalah1uf 50v ,penyebab hilangnya elco mungkin sebelumnya pernah di servic orang laen yg belum paham sehingga tidak menyadari klo alco tersebut hilang ,dan elco  itulah yg menipu saya sehingga ragu tuk ganti ic vertical lngsung, dan setelalah elco di pasang kembali gamabarpun normal kembali dan akhirnya bisa bayaran. semoga pengalamanku bermanfaat.

3 komentar:

  1. trims ya pak infor masinya bagi2 ilmu.....

    BalasHapus
  2. kayak nya aku dapat kasus sama nih... cuman ini tv goldstar yg model lama ....
    wah hebat banget makasih inponya mas .....
    good job ......

    BalasHapus
  3. Podo2 kang prapto,yu ning mugo manfaat amin

    BalasHapus